RSS

Mengapa Hamster Suka Menggigit?

31 Jan

Banyak yang tanya mengapa hamster sering menggigit pas dipegang . Kurangnya pengetahuan dan cara memelihara hamster akan membuat hamster tidak merasa senang dan menggigit anda. Ada banyak faktor yang menyebabkan hewan imut ini menggigit kita.

Faktor 1 : Tidak suka dipegang
Ada hamster yang bersifat tidak bersahabat, ia tidak suka dipegang . Alasannya mereka tidak ingin dipegang mungkin karena mereka ketakutan. Coba saja bayangkan jika kita dipegang oleh dinosaurus, pasti kita tidak suka dan ketakutan dan mencoba untuk melepaskan diri. Sama seperti halnya hamster melihat kita seperti itu.

Faktor 2 : Trauma dipegang + cara memegang yang salah
Awalnya si hamster mau mau saja dipegang dan tidak menolak dan menggigit, namun cara kita memegang itu mungkin teralu kasar dan tidak ada kasih sayang, dan akhirnya mereka trauma, apalagi jika dirumah anda banyak anak anak yang tidak begitu tau dan pandai memegang hamster.

Faktor 3 : Bosan dipegang
Ya sama dengan faktor 2, awalnya sih masih baik baik, pastinya karena mereka baik baik tersebut menambah keinginan kita untuk makin sering memegangnya, dan akhirnya ia merasa bosan dan hidupnya tidak bebas terus dipegang oleh manusia.

Faktor 4 : Sering merebut makanan mereka
Ini nih si pemelihara hamster yang nakal, pas hamsternya lagi makan malah dipaksa diambil makanannya dari mulutnya, akibatnya ia merasa marah dan ia mengira bahwa tangan anda adalah musuhnya.

Faktor 5 : Sedang masa pertumbuhan gigi
Gigi si hamster kalo lagi numbuh akan sama seperti manusia, terasa gatal gatal dan rasanya kita ingin menggigit sesuatu gitu, contohnya saja anak batita, biasanya kan orang tua suka memberinya mainan yang lembek lembek agar dia gigit.

 
8 Comments

Posted by on January 31, 2012 in perilaku hamster

 

8 responses to “Mengapa Hamster Suka Menggigit?

  1. Frida

    January 31, 2012 at 1:46 pm

    Apakah gigitan hamster berbahaya???

     
    • Permata Hamster

      January 31, 2012 at 1:48 pm

      Tidak berbahaya tapi jika hamster uda besar gigitannya bisa sampe menyebabkan berdarah

       
  2. harry

    April 9, 2012 at 7:12 pm

    q punya campbel jantan tiap kali mw a tngkap pasti slalu gigit.. apakah memang sdah nalurinya sperti itu?
    dn dia kdang2 brantem sma yg betina

     
    • Permata Hamster

      May 6, 2012 at 1:04 am

      iya gan… emng sifat dr campbell seperti itu
      apalagi klo mulai kecil jarang dipegang

       
  3. dicky

    June 28, 2013 at 3:07 pm

    punyaku jenis campbell argente , awalnya dia nurut tapi aku megannya gak kasar. pas udah beberapa hari, hamsetnya sering gigit itu kenapa?

     
    • Permata Hamster

      April 5, 2014 at 5:33 am

      emang dasarnya suka gigit @dicky. mungkin stress akibatnya lebih agresif dari biasanya

       
  4. hani

    August 2, 2013 at 8:29 am

    knp hamster betinsku suka gigit kelamin jantannya sampe berdarah dan compang camping stlh dipisah dan disatukan lagi selalu seperti itu

     
    • Permata Hamster

      April 5, 2014 at 5:31 am

      cara gabunginnya kurang tepat gan.. atau coba ganti pasangannya

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: