RSS

Sebab Hamster Memakan Anaknya dan Solusinya

01 Feb

Sesuai dengan judul postingan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman kenapa hamster memakan anaknya. sifat dari seekor hamster memang berbeda – beda satu sama lainnya. beberapa hamster ada yang bisa menyusui dan menjaga anak anaknya sampai besar, tetapi ada juga yang sampai tega memakan anaknya sendiri. bukan salah kita juga ketika hamster yang melahirkan tadi memakan anak – anaknya padahal sudah kita lakukan sedemikian rupa agar sang anak hamster tidak dimakan dan hidup sampai besar nantinya. berikut sebab – sebab hamster memakan anaknya selain dari sifatnya tadi:

1. stress (baru menjadi ibu pertama kali/melahirkan di usia muda)

biasanya klo hamster baru pertama kali melahirkan atau melahirkan di usia muda cenderung untuk memakan anaknya karena dia belum siap untuk menjadi ibu n si hamster ga tau gimana cara merawat anaknya (dia lebih asik main wheel daripada ngerawat anaknya).

SOLUSI : jangan mengawinkan hamster di usia muda (umur 2 bulan). lebih baik dikawinkan setelah umur 4 bulan biar mereka siap mental untuk punya baby.

2. stress karena diliatin
akan meyebebkan induk hamster tidak merasa nyaman. setelah baby hamster lahir, biasanya si induk jadi sangat overprotective sama bayinya, jadi setiap ada yg membuat nya terganggu, dia bakalan gampang stress. klw udah stres gitu si induk bakalan makan anaknya sendiri.

SOLUSI : setelah melahirkan, letakkan kandang hamster di tempat yg gelap dan sepi yg jarang dilewati orang trs klw perlu tutup kandangnya dengan kain gelap/karton hitam biar dia merasa nyaman karena hamster suka di tempat yg gelap sehingga gak ada yg mengganggu dia dan bayinya.

3. kurang asupan gizi/protein.

setelah melahirkan, induk akan butuh nutrisi/gizi yg lebih untuk mengembalikan kondisi fisiknya yg terkuras setelah melahirkan. jadi jangan sampai makanan di tempat makannya habis. klw dia kekurangan makanan, dia akan berusaha nyari makanan apa aja di kandang. klo ga ada lagi, ujung2 nya dia bakalan makan anaknya sendiri.

SOLUSI : berikan makanan yg lebih banyak dari biasanya.

4. jangan mengganti serbuk tempat melahirkan dengan serbuk baru.

klw serbuk bekas dia melahirkan di ganti, dia menyangka ada aroma lain di kandangnya n itu dianggap membahayakan dia, jadi dia bisa makan anaknya soalnya anaknya kena bau serbuk baru tadi.

SOLUSI : jangan ganti serbu baru hingga bayi hamster berusia 3-4 minggu

5. digangggu hamster jantan

6. anaknya ada yg cacat

7. si induk tidak mampu merawat bayi yg banyak

 
2 Comments

Posted by on February 1, 2012 in perilaku hamster

 

2 responses to “Sebab Hamster Memakan Anaknya dan Solusinya

  1. sinung

    February 3, 2012 at 3:22 am

    makasih banyak
    info nie sangat membantu….😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: