RSS

Menyediakan Makanan Hamster yang Murah

03 Feb

Makanan utama hamster adalah biji-bijian. hamster klo diberi makan biji-bijian bikin pipisnya ga begitu bau daripada klo dikasih sayur-sayuran. sayur-sayuran bikin pipis hamster jadi lebih banyak dan lebih bau.

makanan hamster ada 2, yg bermerek dan yg racikan. untuk makanan hamster hamster yg bermerek,
kayak Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Marukan, Hartz, Nutriblocks, kmu bisa bikin makanan racikan sendiri buat hamster kmu. biji2an yg bisa diracik buat makanan hamster adalah millet merah, millet putih, beras merah, ketan hitam, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah kupas, biji sawi, kenari seed (biji kenari), biji gandum, jajawut (pakan burung perkutut), jagung cacah, dan kuaci/biji bunga matahari. biji2an tersebut bisa kmu dapatkan di supermarket/pasar burung. klo ngeracik makanan hamster sendiri itu kita bisa tau makanan mana aja yg lebih disukai hamster. klo udah tau jenis makanan/biji2an yg dia suka, kita bisa berikan porsi lebih untuk jenis biji2an tersebut. selain itu lebih irit klo diliat dari soal harga…….

tapi sebaiknya jangan terlalu sering ngasih kuaci sebagai makanan hamster soalnya kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya…….

dan juga jangan terlalu banyak ngasih kacang tanah juga soalnya kandung lemak di kacang tanah juga tinggi walopun ga setinggi lemak pada kuaci. biji2an yg disukai sama hamster tuh biasanya biji sawi (bentuknya kecil2 bgt n warnanya hitam) soalnya biji sawi tuh termasuk biji-bijian yg ga begitu keras kulitnya, jadi gampang bwt hamster untuk memakan n ngupas kulitnya. biji ini sangat bagus buat hamster muda yg baru aja disapih/udah mulai makan biji2an…….

juga jangan terlalu sering memberikan makanan yg berupa pelet kepada hamster soalnya klo terlalu banyak dikasih, pelet bisa merangsang libido hamster sehingga hamster akan jadi galak bila terus-terusan dikasih.

kunci utama biar kandang hamster ga bau adalah selalu rajin bersihin kandang hamster.
Selain pipis di pasir zeolite, hamster juga sering pipis di serbuk kayu yg digunakan sebagai bedding/alas buat kandang hamster. jadi klo pasir n serbuk kayunya udah kotor n basah, segera ganti dengan yg baru. klo serbuknya udah basah tp blm diganti juga, biasanya akan timbul jamur di serbuk yg basah tersebut sehingga bisa menyebabkan hamster mudah terkena penyakit karena kandang yg lembab. ganti serbuk kayunya 1-2 kali seminggu n ganti pasirnya klo udah basah karena pipis hamster…….

Berikan hamster makan 2 kali setiap hari, setiap pagi dan sore. klo mau kasih makan, cuci tempat makannya dulu soalnya klo tempat makannya kena pipis hamster, biasanya hamster ga mau makan walopun di tempat makannya tersebut masih ada banyak makanan. jadi sesuaikan porsi makan hamster, jangan kebanyakan atau terlalu sedikit ngasih makannya. klo kebanyakan biasanya sisa makanan yg ga dimakan akan terbuang sia-sia n klo terlalu sedikit, hamsternya bakalan kelaparan🙂

 
Leave a comment

Posted by on February 3, 2012 in perawatan hamster

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: