RSS

Tips Merawat Anak Hamster Yang Kehilangan Induknya

03 Feb

Artikel ini kami ambil di salah satu situs, sebenarnya anak hamster yang masih merah (baru lahir – umur 3 minggu) tidak bisa hidup tanpa induknya. karena makanan mereka masih tergantung pada ASI ibunya, anak2 hamster tidak bisa memakan makanan yang padat atau yang biasa kita kasih ke hamster kita, gigi mereka masih belum tumbuh dan masih belum bisa mencari makan sendiri (masih sangat rapuh). selain itu mereka juga butuh kehangatan ibunya karena bulu mereka masih belum tumbuh dan rawan kedinginan.

tapi jika emang itu yang terjadi pada hamstermu di mana induknya mati meninggalkan anak2nya, coba deh beberapa cara/pendekatan ini:

1. kamu harus menggantikan induknya dengan memberi susu khusus hamster yang biasanya dijual di pet shop2 kamu. gunakan botol berdot kecil atau bisa kamu pakai botol minum hamster yang biasa kamu pakai atau gunakan pipet. ingat kamu harus sering2 memberikan susu ini ke anak2nya agar gizinya tercukupi. untuk hamster yang baru lahir memang harus diberikan beberapa menit sekali. memang cukup repot tapi jika kamu memang berharap agar anak2 hamstermu bisa tumbuh besar tanpa induknya memang itu yang harus kamu lakukan. kamu harus bolak balik memberi susu pada anak2nya, tidak bisa botolnya hanya kamu taruh di kandangnya karena bayi hamster masih blom bisa apa2.

2. taruhalah anak2 hamster ini ke dalam kandang (akuarium) dan jangan menggunakan kandang jeruji. hal ini dimaksudkan agar anak2 hamster yang kecil2 itu tidak dapat kabur dan tidak dapat jatuh/kecepit karena alas jeruji besi yang alasnya tidak rata.

3. jaga kehangatan kandangnya agar mereka tidak kedinginan. bisa dilakukan dengan memberikan serbuk kayu secukupnya kalau bisa serbuk kayu yang impor karena lebih bersih, tidak tajam2, dan tidak berdebu. serbuk kayu yang lokal biasanya tajam2 dan dapat melukai bayi hamster. kamu bisa juga memberikan lampu pada kandangnya agar menjaga kehangatan kandang hamster.

4. jangan sampai bau manusia. kalau kamu mau memindahkan anak2 hamster itu sebaiknya jangan pakai tangan tetapi bisa pakai sendok,karena apabila sampai bau manusia anak2 hamster akan stres dan tidak mau minum susu lagi.

5. atau jika kamu tidak mau repot, coba titipkan di induk hamster lain yang sedanng menyusui. tentunya dengan syarat induk angkatnya itu dapat menerima anak2 hamstermu. tapi hal ini tidak saya sarankan karena kebanyakan justru anak2 hamstermu akan dimakan oleh induk angkatnya.

demikian tips dari saya, semoga dapat membantumu ya.

 
2 Comments

Posted by on February 3, 2012 in perawatan hamster

 

2 responses to “Tips Merawat Anak Hamster Yang Kehilangan Induknya

  1. shado

    February 3, 2012 at 3:45 am

    cumungutt a kaka

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: